TINDAKAN EFISIENSI UNTUK MEMPERTAHANKAN KEUNTUNGAN WAJAR (PART-2)

Setelah bersepakat menjadi satu kesatuan berusaha masing2 membangun hati dan niat yang jujur untuk tidak menyuap, mencari peluang tambahan keuntungan yang tidak wajar, tekan keinginan untuk mark – up, terus berusaha berhubungan dengan pemegang merek (principal) dengan pembelian bersama (kolaborasi pembelian) sudah pasti akan mempengaruhi harga beli ke principal guna menghindari perang harga “ adu murah “.

Pengusaha dalam negeri jangan mau didikte oleh principal sehingga kita bertarung melawan tetangga dan bangsa sendiri sementara pemegang merek bertepuk tangan karena berhasil menciptakan pasar adu domba dengan banting2an harga. Justru dengan berkolaborasi beli ke principal kita pengusaha dalam negeri dapat mengatur kesepakatan harga jual, dukungan purna jual, pembatasan wilayah jual disesuaikan dengan jangkauan kemampuan pasokan.

Ingat jangan lupakan sejarah bahwa V.O.C kalah karena korupsi dikalangan sendiri dan bermunculan pengusaha pribumi yang berkolaborasi menahan pasar dalam negeri sehingga mereka angkat kaki.

Optimisme industry pertambangan Indonesia,

Seperti yang disampaikan perwakilan pemerintah bahwa produksi batubara Indonesia tahun 2015 bisa mencapai 425 juta mt walau masih didominasi oleh kebutuhan domestic yang hasilnya bisa dirasakan disebagian wilayah Indonesia tidak mengalami “ byar – pet “ mati listrik karena pasokan batubara ke sebagian PLTU menjadi lancar. Biarkan pangsa pasar eksport berkembang atau stagnan dengan sendirinya, mengingat tahun depan produksi diperkirakan akan turun menjadi 415 juta mt.

Pada awal tahun 2012 hingga 2015 sudah berbeda jauh jumlah penghasil batubara sebelumnya didominasi oleh tambang sekelas IUP yang sudah berguguran karena tidak efisien pola kerjanya, akan kembali didominasi oleh PKP2B sebagai produsen batubara yang terdidik, konsekwen – konsisten dan wajib tertib membayar pajak kepada pemerintah.

Tidak mengherankan jika penambang yang survive adalah penambang yang memiliki karyawan handal, berpendidikan dibidangnya dan kepedulian stake holder pada kewajiban2 utamanya baik kepada pemerintah dan karyawannya. Hadiah terbaik yang diberikan adalah tetap terjaganya besaran tingkat keuntungan bersih karena penambang memiliki program penambangan yang terencana dengan baik dan benar.

Kunci sukses berikutnya adalah

Bilamana pemikiran perkataan dan perasaan bisa dipertahankan sama persis maka anda tidak akan bisa menolak kesuksesan. Berkolaborasi dengan rekan satu frequensi menjadi penting sehingga menjadi kekuatan baru yang tidak mudah tergoyahkan. Kolaborasi / bersatu mengendalikan pasar dengan kontak lanngsung dengan pemegang merek (principal) perlu direalisasikan, sambil melakukan pembagian pasar semau kita sebagai pengendali pasar dan bukan asing (capitalism).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat