PENJUALAN & SOLUSI (PART-2)

Industri Alat Berat

Pemain utama alat berat masih tetap berdiri tegak tidak lebih dari 3 (tiga) besar yang sudah teruji kemampuan daya tahannya sejak era awal berdiri (th 70’an) hingga kini terus berinovasi mempertahankan eksistensi tentunya dengan kerja keras dan terus melakukan terobosan2 yang menguntungkan pengguna peralatan. Mereka tidak hanya sekedar menjual melainkan dilengkapi dengan berbagai system dengan tujuan memberi solusi kepada pemakainya dan bukan hanya kepada pembelinya.

Pelajaran bagus dan perlu dicontoh oleh pemain baru penjual alat berat di tanah air, yang sebelumnya masih berorientasi pada penjualan saja sehingga adu murah bukannya adu manfaat dari peralatan yang dijualnya. Mereka berlomba jualan sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan dukungan purna jual sehingga bermasalah dan ujungnya menjadi kekecewaan pelaku usaha yang tergiur dengan harga lebih murah. Perlu dibedakan antara pelaku usaha professional akan memikirkan kelangsungan pemakaian alat berat yang dijual, dengan pelaku usaha yang bermental pedagang yang menjual sebanyak-banyaknya tanpa memikirkan daya guna pemakainya.

Tips pertanyaan untuk pengguna alat berat cukup : berapa lama alat berat ini bisa digunakan dan berapa biaya produksi per satuan kinerja (hasil produksinya) lalu bandingkan dengan produk sejenis unggulan dan selanjutnya silahkan diputuskan mau beli yang mana. Bila perbedaan tidak signifikan antara produk yang ditawarkan dengan produk unggulan (branded equipment) sebaiknya jangan ambil resiko. Abaikan janji pedagang yang menggiurkan tetap perhatikan dari kemampuan unjuk kerja / spesifikasi teknis yang berhubungan dengan jenis pekerjaan.

(bersambung)
PENJUALAN & SOLUSI (PART-3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat