Undercarriage

Undercarriage merupakan komponen alat berat tipe track yang mahal dengan harga mencapai 20% dari harga unit/machine baru. Persentase biaya perawatan under carriage mencapai 50% dari biaya keseluruhan biaya perawatan machine. Program perawatan undercarriage yang baik dapat mengurangi biaya operasi, oleh karena itu program perawatan undercarriage menjadi hal yang harus mendapat perhatian serius dari pemilik unit alat berat.

Usia pakai dari komponen undercarriage disebabkan oleh tipe pekerjaan yang dilakukan oleh  alat berat  dan tipe material atau area operasi  alat berat tersebut. Tipe pekerjaan yang mempengaruhi usia pakai komponen under carriage antara lain :

Dozing dan Push Loading, biasanya mengakibatkan tumpuan beban machine pada bagian depan dan menyebabkan kerusakan lebih cepat pada bagian front roller dan idler.

Ripping dan Drawbar, mengakibatkan tumpuan beban berpindah ke bagian belakang, sehingga menyebabkan kerusakan lebih cepat pada bagian rear roller dan sprocket.

Loading, mengakibatkan tumpuan bergeser dari depan ke belakang sehingga akan mempercepat kerusakan pada bagian rear roller.

Excavating, mengakibatkan beban bertumpu pada bagian samping.

Packing , pada saat machine beroperasi, material dapat menempel dan melapisi bagian komponen seperti: rollers, links, sprocket teeth dan bushing. Packing mengakibatkan komponen tidak dapat bersentuhan secara benar, hal ini menyebabkan beban bertambah dan kerusakan komponen. adapun yang dapat membantu mengurangi packing:  Gunakan shoe tipe center punch untuk daerah operasi pasir basah dan salju, Bersihkan komponen undercarriage sesering mungkin, dan Gunakan roollers guard untuk daerah operasi tertentu.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kerusakan undercarriage :

Selalu menggunakan shoe yang tipis (sempit).
Penggunaan shoe yang sempit masih memberikan efek floatation pada unit. Semakin lebar permukaaan shoe maka akan menyebabkan peningkatan kerusakan pada bushing, sprocket, link, track roller, idler thread dan track joint.

Pengoperasian unit /alat yang salah
Salah satu cara terbaik untuk melindungi machine dari kerusakan yang tidak wajar adalah dengan memastikan bahwa machine beroperasi secar benar. Beberapa kondisi yang menyebabkan keausan dini pada komponen undercarriage adalah sebagai berikut: slip pada track, machine berjalan mundur secara berlebihan, mengoperasikan machine pada kecepatan tinggi yang tidak diperlukan, selalu memutar unit pada satu arah.

Penyetelan track tidak benar
Setiap jenis pekerjaan unit/machine alat berat mengakibatkan keausan berbeda dan memerlukan track adjustment yang berbeda. Semisal apabila sebuah track sudah di-adjust dengan benar pada kondisi track bersih, kemudian pada saat unit beroperasi terdapat packing di beberapa komponen, maka packing tersebut akan menyebabkan track menjadi lebih kencang. Track yang terlalu kencang akan menyebabkan penekanan berlebih pada komponen under carriage. Penyetelan kekencangan track yang salah dapat menyebabkan: kerusakan pada bushing dan sprocket, kerusakan pada link, track rollers dan idler. 

Prosedur Penyetelan Track Tipe Elevated Sprocket
Penyetelan track juga harus memperhatikan keselamatan kerja, grease yang keluar dari relief valve yang bertekanan dapat  sehingga menyebabkan cedera atau kematian. Jangan mengamati relief valve untuk melihat apakah grease keluar. Amati track atau track adjustment cylinder untuk melihat apakah track sedang dikendorkan, Longgarkan relief valve hanya satu putaran, Gerakkan mesin ke depan/maju. Biarkan mesin berhenti tanpa menggunakan rem kaki. Setel track ketika Anda berada dalam kondisi operasi umum mesin. Jika kondisi penumpukan material (packing)terjadi di tempat kerja, track harus disesuaikan dengan bahan packing (packing material). Jika mesin tidak dilengkapi dengan carrier roller, kelonggaran(sag) track diukur di antara sprocket dan front idler (B). Setelan dimensi (B) yang benar adalah 115 ± 10mm (2,2 ± 0,4 inci).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat