Apa itu Autolube System?

Auto lubrication system adalah bagian dari system kerja sebuah machine. System ini pada umumnya bekerja secara otomatis berdasarkan setting interval yang ditetapkan oleh teknisi. Fungsi utama system auto lubrication ini adalah upaya melumasi komponen yang bergerak seperti pin terhadap bushing, swing bearing, center joint yang dilakukan secara otomatis oleh kerja sebuah timer. Gesekan (friksi) pada komponen yang bergerak akan menimbulkan panas yang tinggi. Akibat panas yang berlebihan pada sebuah benda keras, maka akan menimbulkan efek keausan yang tinggi. Akibatnya umur (life time) komponen tersebut menjadi lebih pendek.

Kerusakan yang ditimbulkan oleh gesekan langsung benda akibat kerusakan system auto lubrication ini adalah down time yang cukup lama. Bisa anda bayangkan jika anda harus mengganti sebuah center joint, swing bearing atau pin serta bushing. Berapa hari yang anda habiskan hanya untuk mengganti komponen tersebut. Dilihat dari akibat yang ditimbulkan, maka kerusakan auto lubrication termasuk kerusakan yang signifikan dengan menyita waktu, pemakaian spare part yang mahal serta potensi kecelakaan (insiden) terhadap pekerja (teknisi). Oleh karena itu, tidak sepantasnya kita mengulur ulur waktu jika mendapatkan kerusakan auto lubrication system ini sehingga untuk mendeteksi kerusakan lebih dini dapat dilakukan dengan hal umum berikut:

  • Memahami sistem secara menyeluruh.
  • Melakukan inspeksi kecukupan grease pada sambungan bergerak setiap hari (saat daily check)
  • Melakukan test kerja system setiap melakukan periodik service serta memeriksa kebocoran pada grease line.
  • Menjaga level pada grease tank dan mengisi grease dengan kondisi bersih.

Dengan melakukan ke-3 item diatas, maka setidaknya sudah mengurangi potensi kerusakan autolubrication sistem. Sehingga kerusakan yang terjadi ditengah-tengah operasi bisa kurangi seminimal mungkin dan ditunjukan dalam indicator performa machine :

Mean Time Between Repair (MTBF) dan Machine Availability (MA), sesuai harapan owner.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat